Selasa, 26 Juli 2011

SUMBER MASALAH DAN PEMECAHAN MASALAH TENTANG TERBAKARNYA KAMPUS UNIVERSITAS LAKIDENDE


BAB I
PENDAHULUAN

A.    Latar Belakang
Peristiwa kebakaran yang terjadi di Universitas Lakidende Kab. Konawe Provinsi Sulawesi Tenggara (20/6) kemarin memberikan makna tersendiri terhadap dunia pendidikan di daerah ini. Bahwa semangat yang telah terbangun bagi mahasiswa untuk peduli terhadap penderitaan penduduk yang bersenda gurau bersama terik matahari beberapa hari mengumpulkan bantuan dari orang-orang yang lewat, tiba-tiba institusi pendidikan tempat mereka menuntut ilmu harus menerima kenyataan pahit.
Namun setidaknya, jiwa sense of responsibility mahasiswa Universitas Lakidende sebagaimana mahasiswa di perguruan tinggi lain terhadap persoalan-persoalan yang dihadapi masyarakat memberikan penegasan eksistensi insan-insan kampus peduli terhadap sesamanya dan apa-apa yang berlaku di sekitarnya. Meskipun dipahami, bentuk-bentuk kepedulian memberikan bantuan seperti itu adalah sesuatu yang biasa dan bisa dilakukan oleh siapa pun dan instansi apa pun.
Tulisan ini sebenarnya ingin mengkomparatifkan kasus kepedulian insan akademik mahasiswa Universitas Lakidende terhadap masyarakat dengan sense of responsibility insan akademik Universitas Lakidende terhadap kelompok stakeholder komunitas perguruan tinggi dalam moment kebakaran yang menimpa Universitas Lakidende.
Universitas Lakidende dan Semangat Kepedulian Universitas lain Mangkurat saat ini bergerak memulai pembenahan untuk meningkatkan produktifitas dan kualitas dari berbagai lini. Pikiran-pikiran ini memang sebuah langkah strategis dalam menjawab tantangan zaman yang semakin kompetitif. Bentuk penguatan dan pemberdayaan di tingkat intern, peletakan koridor penjaminan mutu dan penguatan pembangunan networking di berbagai pihak semakin menegaskan dirinya menjadi research dan learning university. Koridor ini guna melepaskan idiom Universitas Lambat Maju menjadi Universitas Lakas Maju.
Namun dalam perkembangan sekarang yang semakin kompetitif, tidak saja diperlukan energi ekstra bagi pembenahan manajemen yang bersifat intern, tetapi diperlukan pembenahan hubungan ektern yang selama ini masih menggunakan paradigma lama. Universitas Lakidende selama ini dalam memberikan andilnya masih terpaku pada pendekatan MoU (Memorandum of Understanding), sehingga ketika muncul persoalan-persoalan masyarakat yang aktual, sense of responsibility masih terasa lamban pendekatan ”progresif dan tanggap-nya”, termasuk yang jelas-jelas menjadi bagian dari ranah konsentrasi kepeduliannya.

B.     Rumusan Masalah
Dari latar belakang di atas dapat diangkat beberapa rumusan masalah yaitu :
1.      Masalah apa yang sedang dihadapi ?
2.      Mengapa masalah itu bisa terjadi ?
3.      Tindakan apa yang harus diambil ? dan
4.      Bagaimana memastikan agar rencana dapat teratasi dengan baik ?
C.    Tujuan
Adapun tujuan dari pembuatan makalah ini yaitu :
1.      Menjelaskan masalah yang sedang dihadapi;
2.      Menjelaskan mengapa masalah itu bisa terjadi;
3.      Menjelaskan tindakan yang harus diambil; dan
4.      Memastikan agar rencana dapat teratasi dengan baik.


BAB II
PEMBAHASAN

A.    Masalah Yang Dihadapi
Kasus kebakaran yang menimpa Universitas Lakidende adalah masalah sosial dalam ranah pendidikan dan sumberdaya manusia. Kebakaran dan kemeranaan mahasiswa Universitas Lakidende adalah kemeranaan Universitas lain. Karena Universitas lain telah mendedikasikan dirinya sebagai Leadernya Perguruan Tinggi. Kehadiran Universitas lain dalam persoalan seperti ini mesti dibangun dan dimulai untuk peduli terhadap sesama insan akademis.
Sederhananya secara teknis, bisa menawarkan ruangan secukupnya bagi pihak Yayasan Universitas Lakidende untuk dipergunakan pada jadwal yang tidak bertabrakan kuliah  Disinilah setidaknya ada penyataan-pernyataan wujud kepedulian yang diungkapkan dan ditindak lanjuti, sehingga tidak perlu ada telinga insan-insan akademis Univeritas lain mendengar jeritan orang-orang yang menuntut ilmu dalam kemeranaan dan kesedihan.
B.     Terjadinya Masalah
1.      Kronologis
Penyebab kebakaran tersebut diduga arus pendek yang berasal dari dispenser yang terhubung listrik dalam ruang koperasi. Sebelum kejadian sempat terlihat kepulan asap dari dalam ruang itu. Berawal dari ruang koperasi itu, api menjalar cepat melahap gedung di sebelahnya, termasuk empat ruang kuliah dan laboratorium komputer.Kondisi diperparah dengan lambannya petugas pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian.
2.      Tindakan Mahasiswa
Bertepatan dengan akhir-akhir kegiatan salah satu Organisasi Eksternal kampus yaitu Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Unaaha yang sedang melaksanakan Basic Training (menjelan penutupan) salah satu gedung yang ada di Kampus. Pada pukul 05.00 mahasiswa yang sedang beristirahan menanti penutupan Bastra HMI yang tiba-tiba terdengar suara gemuru dan teriakan salah satu mahasiswi  yang mengatakan adanya salah satu bangunan di Kampus terbakar. Pada saat itu pula para mahasiswa yang ada pada saat itu (yang tidak sedang bertugas) lansung merlarian untuk menyelamatkan kampus dengan berusaha memadamkan api.
3.      Kerusakan yang dialami
Kerusakan yang dialami pada bagunan Kampus yaitu lima ruangan diantaranya 4 ruang pekuliahan, 1 ruang computer, 1 koperasi, dan 2 kantin. Adapun kerusakan alat-alat yaitu beberapa computer baik yang terbakar ataupun terjatuh saat penyelamatan, meja dan kursi yang digunakan perkuliahan, dan dokumen-dokumen berupa arsip.

C.    Tindakan
Dalam musibah kebakaran kampus pada (20/6) tindakan yang dapat diambil yaitu membenahi semua puing-puing akibat kebakaran dan rencana pembangunan atau perbaikan pada gedung atau bangunan-bangunan perkuliahan secepatnya, guna untuk menjaga kestabilan dalam proses perkuliahan. Pada barang-barang yang mengalami kerusakan juga akan digantikan dengan yang baik/baru. Adapun tindakan selanjutnya yaitu mahasiswa yang proses perkuliahannya terganggu akibat kebakaran kampus Universitas Lakidende yang telah menghanguskan beberpa ruangan perkuliahan, diantaranya Fakultas Administrasi, Fakultas, Ekonomi, dan Fakultas Pertanian yang juga perlu untuk perbaikan kembali guna dapat menstabilan proses perkuliahan.
D.    Rencana Untuk Mengatasi
Mengingat baru-baru ini baru saja si jagoan merah melahap umpannya, sekiranya kita perlu tahu hal-hal yang harus dicermati dalam mengatasi kerusakan akibat kebakaran tersebut.
1.      Pihak Universitas telah melaksanakan perbaikan ulang pada gedung-gedung yang telah rusak akibat kebakaran dengan mengawasi dan memantau dalam masa perbaikan.
2.      Mengarahkan mahasiswa yang menjadi korban kebakaran pada ruangan perkuliahan ke ruangan lain, salah satunya yaitu menempati ruangan yang ada pada salah satu Sekolah yang ada disekitas Kampus yaitu Sekolah Pembangunan Pertanian (SPP) dengan sementara menunggu perbaikan pada ruangan rampung.
3.      Melakukan pengadaan alat-alat kampus yang baru guna untuk mengganti fasilitas-fasilitas penunjang perkuliahan yang telah rusak akibat kebakaran.


BAB III
P E N U T U P

A.    Kesimpulan
1.      Tulisan ini sebenarnya ingin mengkomparatifkan kasus kepedulian insan akademik mahasiswa Universitas Lakidende terhadap masyarakat dengan sense of responsibility insan akademik Universitas Lakidende terhadap kelompok stakeholder komunitas perguruan tinggi dalam moment kebakaran yang menimpa Universitas Lakidende.
2.      Sederhananya secara teknis, bisa menawarkan ruangan secukupnya bagi pihak Yayasan Universitas Lakidende untuk dipergunakan pada jadwal yang tidak bertabrakan kuliah  Disinilah setidaknya ada penyataan-pernyataan wujud kepedulian.
3.      Penyebab kebakaran di Universitas Lakidend diduga arus pendek yang berasal dari dispenser yang terhubung listrik dalam ruang koperasi. Sebelum kejadian sempat terlihat kepulan asap dari dalam ruang itu. Berawal dari ruang koperasi itu, api menjalar cepat melahap gedung di sebelahnya, termasuk empat ruang kuliah dan laboratorium komputer.Kondisi diperparah dengan lambannya petugas pemadam kebakaran tiba di tempat kejadian.
4.      Tindakan selanjutnya yaitu mahasiswa yang proses perkuliahannya terganggu akibat kebakaran kampus Universitas Lakidende yang telah menghanguskan beberpa ruangan perkuliahan, diantaranya Fakultas Administrasi, Fakultas, Ekonomi, dan Fakultas Pertanian yang juga perlu untuk perbaikan kembali guna dapat menstabilan proses perkuliahan.
5.      Mengingat baru-baru ini baru saja si jagoan merah melahap umpannya, sekiranya kita perlu tahu hal-hal yang harus dicermati dalam mengatasi kerusakan akibat kebakaran tersebut.
B.     Saran
Adapun sebagai saran dalam pembuatan makalah ini yaitu perkembangan sekarang yang semakin kompetitif, tidak saja diperlukan energi ekstra bagi pembenahan manajemen yang bersifat intern, tetapi diperlukan pembenahan hubungan ektern yang selama ini masih menggunakan paradigma lama.

DAFTAR ISI
Halaman
HALAMAN JUDUL ...............................................................................    i
KATA PENGANTAR ............................................................................    ii
DAFTAR ISI ............................................................................................    iii
BAB I PENDAHULUAN
A.    Latar Belakang ...............................................................................    1
B.     Rumusan Masalah ..........................................................................    3
C.     Tujuan ............................................................................................    3
BAB II PEMBAHASAN
A.    Masalah Yang Dihadapi dalam Kebakaran ...................................    4
B.     Terjadinya Masalah ........................................................................    4
C.     Tindakan ........................................................................................    6
D.    Rencana Untuk Mengatasi .............................................................    6
BAB III PENUTUP
A.    Kesimpulan ....................................................................................    8
B.     Saran ..............................................................................................    9
DAFTAR PUSTAKA

KATA PENGANTAR

Rasa syukur yang dalam kami sampaikan ke hadiran Tuhan Yang Maha Pemurah,  karena berkat kemurahan-Nya makalah ini dapat kami selesaikan sesuai yang diharapkan.Dalam makalah ini kami membahasSumber Masalah dan Pemecahan Masalah Tentang Terbakarnya Kampus Universitas Lakidendesuatu permasalahan yang  selalu dialami bagi  masyarakat dan Mahasiswa.
Dalam  proses pendalaman materi Sumber Masalah dan Pemecahan Masalah Tentang Terbakarnya Kampus Universitas Lakidende ini,  tentunya kami mendapatkan bimbingan, arahan, koreksi dan saran, untuk itu rasa terima kasih yang dalam-dalamnya  kami sampaikan kepada Pembimbing/ Dosen dan rekan-rekan mahasiswa.
Demikian makalah ini saya buat semoga bermanfaat,

Unaaha,     Juni 2011

Penulis

Tidak ada komentar:

Posting Komentar